Selasa, 22 Januari 2013

Cara Mengatasi Jerawat



Banyak cara untuk mengatasi jewarat yang kali ini saya akan ulas dengan sangat lengkap. Sebelum kita membahas tetang jerawat ada baiknya anda menyimak bagaimana kita bisa terkena jerawat. Hal ini cukup baik untuk anda untuk mempertahankan agar jerawat tidak muncul kembali saat anda sudah berhasil mempraktekan cara mengatasi jerawat. Acne (jerawat) adalah penyakit peradangan kelenjar sebasea yang sering dijumpai dan berkaitan dengan folikel rambut (fisebut unit pilosebasea). Terdapat dua jenis acne : meradang dan tidak meradang. Kedua jenis acne tersebut ditandai oleh pembentukan sebum yang berlebihan. Sebum yang berlebihan tersebut tertimbun di folikel sehingga folikel membengkak.

Pada acne yang meradang, folikel tersumbat oleh sebum dan bakteri yang berproliferasi di kanal yang disebut propionibacterium acnes. Akhirnya, folikel mengalami ruptur dan sebum serta bakteri keluar ke dermis dan menyebabkan peradangan jaringan dermis. Pada acne nonradang, folikel tidak pecah tetapi berdilatasi. Sebum mengalir ke permukaan kulit (blackhead, komedo terbuka) atau kanalis tetap tersumbat (whitehead, komedo tertutup).

6 penyebab unik timbulnya jerawat Penyebab Jerawat Di Muka Acne sering dijumpai pada remaja dan dewasa muda, dan berawal pada masa pubertas. Walaupun anak laki-laki dan perempuan dapat mengidapnya, acne biasanya lebih sering dan parah pada anak laki-laki. Orang dewasa, terutama wanita dapat menghalami acne rekuren.

Pembentukan sebum dirangsang oleh androgen, terutama testisterin. Peningkatan tajam androgen pada remaja putri dan remaja putra selama pubertas merupakan penyebab munculnya acne dengan tingkat keparahannya. Terdapat sedikit riset yang mendukung bahwa diset atau membersihkan wajah berkontribusi terhadap acne walaupun infeksi P. acne terhadap folikel yang tersumbat diperparah oleh gizi buruk.

Sebagian individu mungkin secara genetis rentan terhadap acne yang mungkin berkaitan dengan sensitivitas berlebihan kelenjar sebasea terhadap androgen atau berada di lingkungan yang mendukung proliferasi bakteri. KOntribusi lain terhadap tumbuhnya acne bisa sangat penting dan beragam pada setiap individu. Hormon yang protectif terhadap acne adalah estrogen, yang melawan aktifitas androgen pada kelenjar sebasea dan mengurangi pembentukan acne. Pada wanita dewasa, perkembangan acne dapat berhubungan dengan kondisi sistemik atau dapat terjadi karena kadar testosteron mulai meninggi relatif terhadap estrogen pada tahun perimenopause awal.

Nah seperti itulah penyebab jerawat yang perlu anda waspadai, maka selanjutnya kami akan memberikan beberapa refernsi tentang cara mengatasi jerawat secara alami 

Cara Mengatasi Jerawat

Mencuci wajah dengan air hangat
Jerawat bisa timbul karena kotoran yang mengendap di pori-pori. Air hangat akan membuat pori-pori terbuka untuk sementara, sehingga sabun pembersih Anda dapat membersihkan kulit wajah secara maksimal. Setelah bersih, cucilah muka lagi dengan air dingin, sehingga pori-pori menutup kembali.

Makanan dan polusi
Makanan yang kurang bersih dan polusi yang sering kita temui setiap hari dapat menjadi racun dan merangsang perkembangan jerawat di kulit. Untuk membuang racun (detoksifikasi) secara alami, perbanyak minum air. Penumpukan racun dalam tubuh akan keluar lewat kotoran dan keringat, sehingga jerawat tidak akan muncul.

Putih telur dan madu
Putih telur dan juga madu juga dapat digunakan untuk membuang bekas jerawat di wajah. Cukup dengan mencampurkan putih telur dan madu, lalu diaduk dan dioleskan secara merata ke bekas jerawat yang ada di wajah Anda yang berjerawat.

Gunakan pepaya
Caranya? Blender pepaya hingga halus, kemudian terapkan ke komedo dan jerawat yang meradang, biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Hasilnya, peradangan akan berkurang, serta kompleksi wajah lebih halus dan bercahaya.

Perbanyak makan bawang putih
Bawang putih dapat menghancurkan bakteri jahat di dalam pori-pori kulit. Selain itu, bawang putih juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk kulit.

Gunakan kulit jeruk dan lemon
Keduanya mampu mengangkat kotoran dan residu dari kulit. Tumbuk kulit jeruk hingga halus, lalu campurkan sedikit air hingga terbentuk seperti pasta. Terapkan pasta kulit jeruk tadi ke area wajah yang berjerawat, diamkan lebih kurang 10 menit lalu bilas.

Mempelkan mentimun dan tomat pada bekas jerawat
Kandungan antioksidan mampu memberi efek menyejukkan dan menenangkan jerawat yang meradang. Parut halus mentimun, lalu tempelkan pada jerawat dan daerah yang berkomedo. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Sedangkan tomat memiliki kandungan vitamin A yang mampu memproduksi kolagen yang sangat bermanfaat bagi kulit.

Olahraga dan tidur yang cukup
Stres yang Anda alami setiap hari juga akan memicu ketidakseimbangan hormon dan berakhir pada jerawat. Latihan dan tidur yang cukup akan membantu tubuh kembali menstabilkan hormon. Jika anda kesulitan untuk mengatasi stress anda yang berlebih maka saya sara ulasan tentang cara mengatasi stress akan cukup membantu anda. Saya juga merekomendasikan anda untuk membaca ulasan tentang cara mengatasi insomnia bagi anda yang memiliki masalah sulit untuk tidur

Menyinari kulit dengan sinar matahari
Kulit perlu sinar matahari untuk membangunkan kesehatannya sendiri, sehingga sel dapat diaktifkan dengan benar. Biarkan kulit terkena sinar matahari pagi menit setiap hari.

Terkait

Description: Cara Mengatasi Jerawat Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara Mengatasi Jerawat
Al
Mbah Qopet Updated at: 21.06

0 komentar:

Posting Komentar