Senin, 21 Januari 2013

Cara Mengatasi Insomnia


Memang tidak sedikit orang yang mengalami pengalaman susah tidur atau insomnia. Bahkan tidak sedikit dari dari orang merasakan hal ini berkali kali dan menahun .. Terkadang sangat sulit mengatasi insomnia ini . Beberapa dari kita mungkin merasa insomnia adalah cara sebuah penyakit bahkan ada yang mengatakan insomnia adalah penyakit turunan padahal insomnia bukanlah sebuah penyakit namun ternyata insomnia adalah suatu kondisi dimana membuat anda susah untuk terlelap dalam tidur.

Berapa hal yang menyebabkan anda mengalami insomnia misalnya anda saat ini sedang mengalami stres yang berkaitan dengan pekerjaan, sekolah, kesehatan atau masalah keluarga tapi bisa juga karena depresi karena masalah yang anda alami. Tidak sedikit juga disebabkan karena perubahan lingkungan atau jadwal pekerjaan anda. 

Cara mengatasi insomnia sebenarnya tidak dengan meminum obat tidur karena efek dari mengkonsumsi obat tersebut justru anda akan merasa dengan meminum obat itu anda akan tertidur pulas padahal masalahnya ada pada diri anda sendiri. Jika anda tidak meminum obat tidur maka anda akan terus berasumsi "saya harus minum obat untuk bisa tidur lelap" akibatnya anda akan mengalami kondisi yang di sebut dengan ketergantungan obat dan itu akan buruk dampaknya bagi kesehatan. Kali ini saya ingin sedikit berbagi, ini bukan tentang cara mengobati insomnia karena pada dasarnya insomnia bukanlah sebuah penyakit melainkan sebuah kondisi yang disebut susah tidur

Berikut ini ada 5 tips sederhana untuk mengatasi insomnia 
Hindari Tidur Siang / sore 
Ya seberapa letihpun anda hindari untuk tidur siang / sore. Karena ketika anda terbagun di petang hari maka malam harinya anda akan susah untuk tidur. Rubah perlahan lahan lahan  pola tidur anda ketika anda sudah bisa mengatasi insomnia anda. Misalnya ketika anda sudah bisa tidur tepat waktu pada malam hari, coba untuk tidur siang kemudian jangan lupa metset alaram agar tidur tidak kebablasan . Pantau Terus pola tidur anda. 

Minum Segelas Susu Hangat 
ya Minum segelas susu hangat dan makan sedikit makanan ringan tapi hindari terlalu banyak ngemil. Percara atau tidak pada sebagian orang ini bekerja. Karena dengan meminum segelas susu hangat dan makan sedikit makanan ringan dimalam hari akan membuat anda merasa mengantuk

Jangan Membawa Pekerjaan Ketempat tidur 
Hal ini akan membuat anda terpacu untuk berpikir. Walaupun perkerjaan anda bisa terselesaikan tepat waktu, namun ada kemungkin anda terbawa bawa dengan perkerjaan anda (rasa rasanya masih ada yang kurang / harus ada yang di perbaiki, dsb)

Jaga Lingkungan tidur anda 
cara mengatasi insomnia yang ke empat adalah  jagalah agar lingkungan tidur anda gelap, tenang sejuk dan nyaman. Jika di butuhkan maka gunakan penutup mata. 

Kontrol Rutinitas dan Suplemen
Sebisa batasi atau tinggalkan penggunaan obat-obat perangsang dan hindari minuman yang mengandung kafein. Hindari juga mengkonsumi alkohol dan merokok menjelang tidur. 

5 cara mengatasi insomnia ini bisa anda praktekan dengan mudah. Saran tambahan dari saya adalah pantau tentang alur / buat sebuah catatak kusus tentang bagaimana progress perubahan tidur anda. seandainya setelah 1 sampai 2 minggu anda masih juga tidak bisa tidur, maka alangkah baiknya anda mengkonsultasikannya dengan dokter agar tau dimana letak masalah / apa yang sebenarnya menyebabkan anda susah untuk tidur / insomnia 

Terkait

Description: Cara Mengatasi Insomnia Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara Mengatasi Insomnia
Al
Mbah Qopet Updated at: 21.42

0 komentar:

Posting Komentar